TARIF PENGIRIMAN BARANG CAIR LEWAT KAPAL LAUT (KUBIKASI)

Tarif Pengiriman Barang lewat Kapal Laut (Roro)

~ Jakarta – Belawan IDR.800K/M3

~ Jakarta – Makasar IDR.600K/M3

~ Jakarta – Banjarmasin IDR.700/M3

~ Jakarta – Kendari IDR.1,2k/M3

Dalam pengiriman barang, pasti memiliki beberapa layanan untuk jasa pengirimannya yakni melalui jalur Kapal Laut, Udara dan Darat. Masing-masing layanan memiliki keunggulan dan fungsionalitas tersendiri sendiri. Pengiriman motor dan barang via kapal laut saat ini menjadi alternatif untuk pengiriman antar pulau di Indonesia, dikarenakan penerbangan masih belum dapat dilakukan untuk sementara waktu.

Pengiriman barang lewat kapal adalah salah satu cara untuk mengirimkan barang antarpulau. Sebagai negara kepulauan, kapal laut adalah salah satu transportasi andalan di Indonesia. Tak heran jika kemudian dimanfaatkan sebagai cara mengirim barang antarpulau. Banyak pedagang atau pelaku industri memilih mengirim barang menggunakan kapal laut.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Pastinya karena pengiriman melalui laut jauh lebih murah ketimbang melalui udara. Itu sebabnya para pelaku bisnis dan industri memilih mengirimkan barang mereka melalui kapal laut. Apalagi untuk kiriman antarpulau. Kendati waktu pengiriman lebih lama, namun itu tidak menjadi persoalan karena mereka sudah menghitung untung rugi sebelum mengirim barang.

Dengan menggunakan pengiriman barang lewat kapal laut maka bisa lebih bebas. Lebih bebas yaitu bisa diartikan bahwa pengiriman via ekspedisi laut bisa menerima barang-barang seperti berikut:

Pengiriman cairan kimia, parfum.
Kirim barang berbahaya yang mungkin mudah meledak.
Kirim barang elektronik yang ukurannya besar dan baterai dalam keadaan aktif.

Sebab barang barang itu tidak semua ekspedisi cargo udara siap melayani.

Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Jalur Laut

1.Kapasitas yang Besar

Pengiriman cargo lewat jalur laut mempunyai kapasitas ruang yang lebih besar. Dengan begitu masyarakat tidak perlu menunggu dengan waktu lama agar barang bisa diangkut kemudian dikirim ke lokasi tujuan.

Terlebih lagi apabila armada transportasi tersebut memang khusus mengangkut cargo atau barang.

Saking besarnya area penyimpanan dalam kapal, aneka jenis barang dapat diangkut. Mulai dari cargo reguler atau biasa sampai kendaraan dan barang berat seperti dozzer, excavator, dan lain sebagainya.


2.Jangkauan Luas

Kelebihan lain dari pengiriman jalur laut yaitu dapat menjangkau berbagai daerah mulai dari yang padat penduduk sampai wilayah terpencil sekalipun.

Bahkan apabila dikirim ke pulau bagian terjauh maupun luar negeri sekalipun. Hal ini tentunya memudahkan Anda ketika ingin melakukan ekspedisi di beberapa wilayah tertentu, seperti Kalimantan, Jawa, Sumatera, bahkan sampai Papua.


3.Pilihan Armada yang Banyak

Pengiriman barang lewat jalur ini menawarkan berbagai macam armada kapal. Ada yang dikategorikan berdasarkan ukuran, kecepatan, fungsi dan juga fasilitas di dalamnya. Misalnya saja Kapal RORO.

Kapal ini melayani pelayaran nasional dengan menyediakan jasa transportasi laut, meliputi jasa angkutan Alat berat, Mobil dan muatan barang antar pulau.

Lalu ada kapal roro, yang merupakan singkatan dari roll-on roll-off merupakan salah satu armada paling sering digunakan sebagai jasa angkut cargo via laut.

Kapal ini tergolong cepat sehingga tidak membutuhkan waktu lama agar barang sampai ke tujuan. Sementara itu, bagian dalam kabin juga teramat luas sehingga bisa menyimpan aneka macam barang.


4.Tarif Murah

Tidak perlu merasa khawatir karena tarif pengiriman melalui kapal laut sangatlah murah bila dibandingkan dengan jalur udara dan darat.

Jenis ekspedisi ini memang dikenal paling terjangkau. Jadi, bagi Anda yang ingin mengangkut barang dalam jumlah besar sekaligus, pengeluaran biaya yang harus anda keluarkan tidak akan terlalu memberatkan.

Kekurangan Cargo Laut

Namun, ternyata pengiriman dengan menggunakan jalur ini memiliki beberapa kekurangan. Berikut merupakan kekurangan pengiriman menggunakan jalur laut:
1.Waktu Pengiriman yang Lama

Pengiriman dengan menggunakan jalur laut dinilai dapat memakan waktu lama sehingga sedikit merepotkan.

Butuh waktu berhari-hari bagi untuk barang agar bisa sampai menuju lokasi yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan proses pengiriman dengan menggunakan kapal memang dinilai sangat lamban dan butuh waktu yang lama.

sehingga pengiriman dengan menggunakan jalur ini rentan terjadi keterlambatan.
2.Dipengaruhi Cuaca

Lalu, cuaca buruk dapat menghambat pengiriman. Cuaca laut dinilai sulit untuk diprediksi. Hal ini membuat pengiriman bisa saja terkendala oleh cuaca.

Akhirnya kedatangan barang bisa terlambat. Hal ini tentunya menjadi kekurangan pengiriman menggunakan jalur ini laut.

Karena jika cuaca tidak bagus, pengiriman akan tertunda dan barang akan terlambat datang di tempat tujuan yang anda kehendaki.
3.Resiko Kerusakan

Selain itu, barang juga beresiko rusak jika terlalu lama berada dalam gudang penyimpanan kapal yang berlayar.

Hal ini memungkinkan akan membuat barang berharga anda tidak menjadi utuh kembali seperti yang seharusnya.

Bisa karena berkarat, retak, atau pecah. Tergantung dari jenis barang yang anda kirimkan menggunakan jalur ini

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami melalui live chat atau kontak Customer Service kami yang selalu siap untuk membantu memberikan informasi mengenai ekspedisi pengiriman barang dengan berbagai macam tujuan pulau di seluruh wilayah Indonesia. Jangan ragu untuk menghubungi Customer Service kami, Tim Support Customer Service kami selalu siap untuk membantu.

Leave a comment